BAHAYA KONSUMSI MINUMAN BERSODA BAGI ANAK-ANAK


BAHAYA KONSUMSI MINUMAN BERSODA BAGI

ANAK-ANAK

Minuman bersoda

Banyak yang kurang sadar akan bahaya meminum minuman bersoda khususnya bagi anak-anak. Kebanyakan anak-anak pada tingkat sekolah dasar, pada jam istirahat di sekolah dan setelah pelajaran olahraga mereka lebih suka meminum minuman ringan. Pada dasarnya hanya air mineral yang diberi CO2, namun dalam minuman ringan, ditambahkan lagi  caramel, pewarna, dan pemanis yang menjadikannya berbahaya, baik itu untuk tulang, gigi, dan menyebabkan diabetes serta obesitas. Dapat juga menyebabkan masalah pada ginjal anak maupun dewasa. Dalam hal ini sebaiknya orang tua berfikir cerdas untuk asupan anak-anaknya, apalagi pada saat mereka di sekolah jauh dari perhatian orang tua dan kemungkinan besar mereka membeli makanan atau minuman yang kurang baik bagi mereka. Jika kejadian ini berlanjut secara terus menerus yaitu pada tingkat anak di sekolah dasar, secara rutin mereka menGkonsumsi minuman bersoda itu akan berdampak sangat serius pada kesehatan anak-anak.

Beberapa fakta tentang bahaya minuman bersoda yaitu:

  1. Dalam Satu kaleng minuman bersoda sama dengan 10 sendok gula yang cukup untuk menghancurkan Vitamin B, dan kekurangan Vitamin B bisa mengakibatkan buruknya pencernaan, lemahnya tingkat kesehatan,pusing, sulit tidur, tegangnya urat syaraf, cemas dan kejangnya otot.
  2. Mengandung CO2 yang akan menyebabkan lambung tidak bisa menghasilkan enzim yang sangat penting bagi proses pencernaan, demikian jika menkonsumsinya bersamaan dengan makan, atau setelahnya. Kemudian juga menyebabkan peniadaan fungsi enzim-enzim pencernaan yang dihasilkan oleh lambung.
  3. Asam fosfor yang terengandung bisa menyebabkan rapuh dan lemahnya tulang, apalagia pada usia pertumbuhan, yang menjadikan keretakan pada tulang.
  4. Senyawa asam fosforik, malik dan karboik yang terkandung juga menyebabkan tergerogotinya lapisan pelindung gigi.
  5. Zat kimia buatan bisa merusak otak, dan menyebabkan hilangnya ingatan secara bertahap, dan juga bisa menyebabkan rusaknya fungsi hati.
  6. Dengan pH asam bisa meluruhkan gigi dan tulang, contohnya pada pada minuman-minuman bersoda seperti Pepsi Cola dan Coca Cola derajat keasaman (pH) yang mencapai 3-4 (sangat asam).

Kebiasaan sebagian orang yang meminum minuman dingin bersoda setelah makan, ini mempengaruhi enzim-enzim pencernaan, dimana merendahkan suhu panas tubuh, sehingga enzim-enzim pencernaan kehilangan kemampuannya untuk bekerja. Jika pada suhu tubuh normal merupakan sushu untuk fungsi kerja enzim, maka enzim-enzim tidak bisa mencerna makanan dengan baik bila menkonsumsi minuman soda, dan sebagian zat beracun berpindah bersama darah menuju sel-sel tubuh, dan pada akhirnya membuat bermacam-macam penyakit.

Nyimas Rupiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *