Bahaya Makan Sebalak


Bahaya makan seblak bagi kesehatan jika dikonsumsi tiap hari

Bahaya makan seblak tiap hari– Telah kita ketahui bahwa saat ini sebagian masyarakat indonesia telah mengenal jenis makanan yang dinamakan seblak. Hampir di setiap daerah makanan tersebut sudah pasti ada. Seblak merupakan makanan yang berbahan dasar dari kerupuk dan dimasak secara direbus. Bumbu yang digunakan dalam pembuatan seblak ini pun menjadi ciri khas yang sangat digemari oleh setiap orang yang menikmatinya. Hal ini mengakibatkan banyak nya yang menjual berbagai macam seblak di tiap-tiap daerah. Berbagai macam kreasi pun mulai dikeluarkan oleh para pembuat seblak sehingga membuat seblak ini banyak macamnya.

pemuat

Sebagian orang tidak pernah berfikir bagaimana bahaya nya yang terkandung di dalam seblak tersebut yang mereka tahu makanan tersebut terlihat enak untuk dimakan. Padahal kita tidak pernah tahu bahan – bahan yang digunakan oleh penjual itu dipilih dengan baik atau seadanya dibuat asalkan laku. Zaman sekarang tidak sedikit orang yang berjualan dengan cara yang sehat mereka lebih mementingkan keuntungan dari pada kesehatan. Terlebih lagi banyak pedagang yang memasak seblak tersebut dengan cara yang tidak benar. Selain itu juga dari bahan-bahan yang digunakan yaitu seperti :

Kerupuk

kerupuk merupakan bahan yang paling utama dalam pembuatan seblak, sebelum kita mengkonsumsi terlebih dahulu kita lihat warna yang ada dalam kerupuk tersebut, kalo kerupuk tersebut warnanya mencolok berarti kerupuk tersebut menggunakan bahan pewarna makanan yang berlebihan selain itu juga,  kita lihat tingkat kekenyalan kerupuk saat dimasak. Kerupuk yang masih kenyal itu tidak baik bagi kesehatan pencernaan.

Cabai

Cabai merupakan bahan yang sering digunakan dalam setiap jenis makanan. Setiap orang biasanya kalo makan tidak disertai dengan cabai akan ada yang kurang. Dalam proses pembuatan seblak penggunaan cabai juga harus diperhatikan tidak semua cabai yang digunakan pedagang seblak menggunakan cabai yang asli bisa jadi ditambahkan dengan cabai bubuk.

Penggunaan MSG

MSG memang tidak baik digunakan dalam makanan apalagi jika dikonsumsi tiap hari. Penggunan MSG yang berlebihan dapat memicu terganggunya fungsi organ dalam tubuh.

Menurut jawaban dari dr Kevin Jonathan Tandikan dalam Dokter BaBe menyebutkan bahwa dalam satu porsi seblak, terkandung sekitar 262 kalori dengan 45 % karbohidrat, 43 % lemak, dan 12 % protein. Namun, kandungan ini tidak menjadi pertanda bahwa seblak memiliki gizi yang dibutuhkan tubuh.

Konsumsi seblak tidak lah salah, akan tetapi harus diperhatikan intensitasnya. Jangan makan sebalk terlalu sering apalagi dikonsumsi nya setiap hari. Pastikan juga, asupan nutrisi dari buah dan sayur segar agar tetap terpenuhi.

oleh: Ridwan Lukman Nulhakim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *