BERAS PECAH KULIT


Mengenal Beras Pecah Kulit (Beras Coklat)

BERAS PECAH KULIT

Beras merupakan pangan pokok yang dikonsumsi oleh 95% penduduk Indonesia selain jagung, sagu dan ubi jalar. Beras merupakan butiran-butiran gabah yang diambil dari padi yang telah dihilangkan bagian sekamnya. Struktur butiran beras tersusun atas lapisan yang sangat tipis (kulit ari/dedak/bekatul), kulit beras, butir biji dan mata (embrio). Komposisi kimia penyusun pada beras sebelum dihilangkan sekamnya tersusun atas karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat dan mineral.

APA ITU BERAS PECAH KULIT?

Beras pecah kulit atau beras coklat adalah beras yang disosoh atau digiling yang masih mengandung lapisan dedak atau bekatul. Beras ini didapatkan saat penggilingan pertama. Beras yang beredar di Indonesia pada umumnya adalah beras giling sempurna atau biasa disebut beras putih.

Proses penggilingan atau penyosohan beras menjadi beras berwarna putih ternyata telah menghilangkan sekitar 80% vitamin B1, 70% vitamin B3 , 90% vitamin B6, 50% mangan (Mn), 50% fosfor (P), 60% zat besi (Fe), 100% serat, dan asam lemak esensial. Sedangkan satu takaran beras pecah kulit atau beras coklat mengandung 90% mangan (Mn), 21% magnesium (Mg), 14% serat,  selenium (Se) dan asam lemak esensial. Beras pecah kulit atau beras coklat juga kaya fitonutrien yang merupakan antioksidan, misalnya quercetin, curcumin, ellagic acid dan catechins. Lebih dari 80% fitonutrien terdapat pada kulit ari, maka proses penggilingan dan penyosohan beras menjadi beras putih telah membuang sebagian besar fitonutrien.

MANFAAT BERAS PECAH KULIT

Manfaat dari kandungan beras pecah kulit atau beras coklat ini adalah mangan berperan pada proses metabolisme tubuh, serat dapat mengurangi kegemukan serta dapat melindungi terhadap konstipasi dan risiko kanker kolon, selenium (Se) merupakan mineral yang berfungsi penting dalam metabolisme tubuh, antioksidan, dan berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, asam lemak esensial yang terkadung pada beras pecah kulit atau beras coklat  dapat menurunkan kolesterol LDL.

Jadi beras pecah kulit atau beras coklat lebih baik dikonsumsi dari pada beras putih. Hal ini disebabkan beras berwarna putih hanya mengandung karbohidrat saja sedangkan beras pecah kulit atau beras coklat mengandung vitamin, mineral, serat, protein, lemak dan karbohidrat. Akan tetapi beras pecah kulit atau beras coklat ini tidak tahan lama atau mudah tengik yang disebabkan kulit ari pada beras mudah teroksidasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *