Cara Diet Sehat


DIET SEHAT

Apa diet, dan bagaimana Caranya?

Setiap Orang menginginkan Tubuh yang ideal, sehat dan asupan gizi seimbangnya terpenuhi. berikut ulasan tentang Diet Sehat oleh Sri Yuningsih mahasiswa Teknologi Pangan Universitas Garut

Pengertian Diet

Di Indonesia kata diet lebih sering diartikan sebagai suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu padahal tidak hanya itu saja­. Menurut para ahli, diet adalah pengaturan jenis dan jumlah makanan dengan tujuan tertentu, antara lain seperti mempertahankan kesehatan serta status nutrisi dan membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit (Hartono, 2000). Menurut ahli kedokteran EGC (1994) diet adalah kebiasaan yang diperbolehkan dalam hal makanan serta minuman yang dikonsumsi oleh seseorang dalam setiap harinya. Terutama yang dirancang khusus untuk mencapai tujuan dan memasukkan atau mengeluarkan bahan makanan tertentu (Hartantri, 1998). Sedangkan menurut Luxboy (2008) pengertian diet ialah diet yang seimbang atau diet normal untuk mendapatkan tubuh sehat terdiri atas semua elemen makanan yang diperlukan. Tujuannya untuk mengatur fungsi tubuh, membangun serta memelihara sel tubuh dibutuhkan protein, mineral, lemak dan vitamin.

Cara Diet 

 

Berikut ini adalah diet sehat untuk menurunkan berat badan. Memiliki tubuh ideal, langsing dan sehat adalah keinginan setiap orang khususnya dikalangan remaja putri, karena remaja putri lebih memperhatikan penampilannya. Kunci utama diet sehat adalah jangan menyerah!!! Menu makanan diet sehat haruslah memiliki kandungan karbohidrat. Karbohidrat terdiri dari simple sugars dan complex sugars sebagai sumber utama energi untuk tubuh. Simple sugars adalah glukosa yang terdapat dalam buah-buahan dan sirup jagung, dan fructose yang terdapat dalam buah-buahan dan madu. Seseorang yang melakukan pola hidup diet juga membutuhkan kandungan gula complex, seperti sucrose (gula pemanis), lactosa yang terdapat dalam produk susu dan starch (kanji) dalam berbagai tumbuhan.

Menu makanan diet sehat selanjutnya yaitu mengandung protein. Protein merupakan zat terbesar dalam tubuh setelah air. Protein memiliki fungsi utama sebagai komponen dalam pertumbuhan dan perkembangan pada tubuh manusia. Untuk itu, menu diet sehat harus mengandung protein, baik itu protein hewani ataupun nabati.

Menu makan diet sehat yaitu mengandung lemak. Lemak juga berfungsi sebagai penghasil energi untuk tubuh. Lemak meliputi lemak jenuh dan lemak tidak jenuh atau dikenal sebagai kolesterol. Ahli nutrisi merekomendasikan  lemak untuk diet sehat tidak lebih dari 30 % kalori (tidak kurang dari 10%).

Vitamin adalah bahan kimia organik yang mengatur metabolosme dan fungsi tubuh. Mereka digunakan dalam mengkonversi nutrisi menjadi energi, menghasilkan hormon dan menghancurkan produk limbah dan racun. Beberapa vitamin A, D, E dan K hancur dalam lemak dan disimpan dalam jaringan lemak tubuh. Vitamin tersisa B dan C larut dalam air. Penggunaan vitamin dalam tubuh sebagai cadangan makanan sangatlah sedikit jika berlebih maka akan dikeluarkan dalam bentuk limbah. Mineral juga dibutuhkan dalam diet sehat. Mineral adalah zat anorganik, seperti kalsium, fosfor, potasium, sodium, besi, yodium, dan seng yang penting dalam perkembangan dan fungsi tubuh. Misal: kalsium dan fosfor merupakan komponen tulang dan gigi; potasium dan sodium berperan dalam transmisi syaraf; dan besi penting dalam mengedarkan oksigen dalam tubuh.

Menu makanan untuk menurunkan berat badan diantaranya: menu makan pagi bisa anda sajikan susu rendah lemak, satu buah pisang dan satu lembar roti gandum. Menu makan siang konsumsilah makanan sehat dari sayuran segar seperti bayam, sawi dan kol, bisa ditambahkan kentang rebus untuk kebutuhan karbohidrat, untuk kebutuhan protein bisa dengan mengkonsumsi daging tanpa kulit secukupnya. Jika menjelang sore merasa lapar dapat mengkonsumsi buah-buahan segar seperti apel, jeruk, alpukat sebagai cemilan untuk diet. Menu makan malam dapat mengkonsumsi kembali sayuran berupa lalapan yang direbus, telur rebus dan minuman teh hijau hangat tanpa gula. Untuk asupan karbohidrat bisa dengan roti dan serealia. Selain itu, perbanyaklah minum air putih. Hal terpenting dalam diet sehat yaitu menghindari makanan yang digoreng dan kurangi makanan yang ditambahkan penyedap rasa, garam dan gula, hidari juga makan di malam hari, makanlah 4-6 jam sebelum tidur karena jika makan dan langsung tidur zat makanan tersebut akan ditimbun menjadi lemak di dalam tubuh yang menyebabkan kegemukan dan dapat menyebabkan diabetes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *