ESSAY PEMANFAATAN TEKNOLOGI E-COMMERCE UNTUK PRODUK KHAS GARUT


PEMANFAATAN TEKNOLOGI E-COMMERCE UNTUK

PRODUK KHAS GARUT

Garut Merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang memiliki tempat wisata yang menarik dan mengagumkan untuk dikunjungi. Masyarakat yang ramah tamah dan lingkungan alam yang masih asri menjadi gaya khas tersendiri sehingga tidak heran jika Kabupaten Garut banyak yang menyebut Kota intan. Selain memiliki tempat wisata yang bernilai estetis, Garut juga dikenal dengan makanan khasnya yaitu dodol Garut, yang sering dikatakan masyarakat luar garut dengan oleh oleh khas Garut. Selain dodol masih banyak produk yang lain seperti Chocodot, Opak Bungbulang, dorokdok kerupuk kulit, comring banjarwangi, wajit Cisompet, dan lain lainnya sehingga produk makanan khas garut memiliki ciri dan keunikan tersendiri. Tidak hanya makanan, garut juga memiliki kerajinan kerajinan yang terkenal juga memiliki kualitas sehingga menjadi nilai jual tersendiri, seperti jaket kulit, batu akik bungbulang.

Pesatnya Kemajuan Teknologi informasi dan komunikasi dengan dukungan teknologi internet, memudahkan pelaku bisnis untuk memperoleh informasi apapun, untuk mengembangkan binisnya, bahkan sekarang informasi apapun dapat dengan mudah diperoleh dan harus selektif menerimanya. Penggunan internet dalam berbisnis mengalami perubahan dari fungsi menjadi alat untuk mengaplikasikan pemasaran bisnis, misalkan: inovasi, penjualan, pemasaran, dan pelayanan pelanggan. Dengan internet pemasaran memiliki efektivitas tersendiri dengan cakupan yang sangat luas bukan hanya lokal tapi mencakup internasional. Tentu hal ini sangat diperlukan dalam pemasaran produk produk khas garut untuk eksis dan bersaing dengan produk dalam negeri dan luar negeri. Pemasaran di internet konsumen berkomunikasi langsung dengan produsen walaupun lokasi keduanya berbeda wilayah. Dengan kodisi zaman yang terus berkembang dan teknologi semakin canggih maka dipelukan penerapan E-commerce Electronic (e-ommerce) yang mampu mewadahi produk produk khas garut yang dapat diakses konsumen secara online dari berbagai tempat.

Mendangar kata e-commerce sedikit agak asing bagi kalangan masyarakat pada umumnya, Electronic Commerce (e-commerce) adalah proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan komputer. ecommerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (database), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce ini. Dalam pengaplikasiannya e-commerce memiliki nilai rantai struktur yang dapat membantu pebisnis mengembangkan bisnisnya, strutur tersebut terdiri dari tiga unsur penting sebagai penunjang. Sistem pertama adalah distribusi, kedua pembayaran, dan ketiga informasi. Tercapainya tiga struktur tersebut untuk mengefektifkan aplikasi e-commerce dari distribusi, jasa trasportasi sehingga dapat tercapai ketersinambungan antara produsen dan konsumen juga mencapai sistem perdagangan yang efektif memangkas biaya operasional.

e-commerce dapat mempromosikan berbagai jenis produk baik itu barang atau jasa tidak hanya mengandalkan kekuatan produk dan jasa saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik. Daftar harga dan kustomisasi produk atau jasa bisa ditawarkan melalu website dan terinformasikan secara cepat juga dapat membangun database pelanggan yang komperhensif. Dengana adanya wadah e-commerce produk barang dan jasa khas garut akan seperti toko online yang menawarkan beberapa jenis dan macam yang berbeda dengan kerjasamanya produsen dengan penyedia barang dan jasa khas garut dengan pelakasana e-commerce.

Manfaat yang dimiliki dari penerapan e-commerce mendapatkan konsumen baru, menarik konsumen untuk tetap bertahan, meningkatkan mutu layanan, dan melayani konsumen tanpa batas waktu. Dampak positif yang dapata dirasakan menciptakan saluran distribusi baru yang bisa menjangkau lebih banyak hampir semua belahan dunia, menekan waktu siklus dan tugas tugas administratif, layanan konsumen yang lebih responsif dan memuaskan, dan menghadirkan pasar maya. Pengaplikasian e-commerce juga memiliki dampak negatif seperti kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan, pencurian informasi rahasia yang berharga, kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan, kehilangan kepercayaan dari para konsumen, dan kerugian yang tidak terduga. Dalam pemanfaatan dan pengguanan Teknologi internet berbasis e-commerce dapat mengembangakn inovasi penjualan barang dan jasa produk khas garut yang mampu bersaing dan dapat memasarkan baik dalam bentuk fisik maupun digital.

DAFTAR PUSTAKA

Agung Wibowo, Agung. 2016. Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. http://journal.unrika.ac.id/index.php/equi/article/download/222/215. Diakses: 5 maret 2018

Sukmajati, Anina. 2009. Penerapan E -ommerce untuk Meningkatkan Nilai Tambah (Added Value) bagi Perusahaan. http://aninasukmajati.wordpress.com. diakses: 5 Maret 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *