MANFAAT MAKAN BUAH SETIAP HARI


Makanlah Buah Setiap Hari

 MANFAAT MAKAN BUAH

Buah merupakan salah satu komoditas hortikultural yang sangat penting untuk masyarakat. Buah-buahan berfungsi untuk proses metabolisme tubuh karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Sekarang masyarakat mulai memperhatikan untuk mengkonsumsi buah yang banyak mengandung zat gizi. Buah lokal garut merupakan salah satu jenis buah-buahan yang dibudidayakan di garut. Produk buah lokal yang ada di garut salah satunya adalah jeruk garut. Jeruk garut yang terkenal akan rasanya yang segar dan manis.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah yang cukup turut berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula, dan kolesterol. Konsumsi buah yang cukup juga menurunkan risiko buang air besar. Hal ini menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan yang cukup turut berperan dalam pencegahan penyakit, dan konsumsi buah-buahan yang cukup merupakan salah satu indikator sederhana gizi seimbang.

Kita dianjurkan mengkonsumsi buah-buahan setiap hari sejumlah 150 gram buah, (yang berarti setara dengan 3 buah jeruk ukuran sedang atau buah apel berukuran sedang. Dalam 150 gram buah tersebut kita bisa mendapatkan 150 kalori dan 30 gram karbohidrat. Dan menurut “menkes” kita di anjurkan memakan/mengkonsumsi buah sebanyak 2-3 porsi buah setiap hari. 2-3 porsi ini misalkan satu buah apel merah atau jeruk berukuran sedang setara dengan memakan satu porsi buah.

Beberapa orang yang menderita penyakit “diabetes melitus” harus diperhatikan sebab mengkonsumsi buah yang sangat manis bisa membuat gula darahnya naik dengan cepat. Hal ini bukan berarti memakan buah tidak baik atau tidak boleh, tetapi sebaiknya bagi orang yang menderita penyakit diabetes melitus mengkonsumsi buah sebaiknya lebih diperhatikan saat memakan buah-buahan.

Didit Hadisiswaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *