Teknologi Pangan


TEKNOLOGI PANGAN 

Apa itu, dan kemana arah lulusannya?

Bingung Melanjutkan Kuliah, apalagi anda seseorang yang memeliki basic dibidang Kuliner. artikel ini akan memberikan informasi tentang Program Studi Teknologi Pangan.

Apa itu Teknologi Pangan?

Teknologi pangan adalah suatu teknologi yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan khususnya setelah panen (pasca panen) dengan pengaplikasian sortasi, pengawetan, pemrosesan, distribusi, hingga bahan pangan yang aman dan bernutrisi guna memperoleh manfaatnya seoptimal mungkin sekaligus dapat meningkatkan nilai tambah dari pangan tersebut.

Olahan Pangan

Olahan Pangan

Sejarah Teknologi Pangan

Sejarah Teknologi pangan ketika Nicolas Appert mengalengkan bahan pangan yang sudah terjadi hingga sampai sekarang. namun pada saat itu, Nicolas Appert mengaplikasikannya secara konvensional tidak berdasarkan ilmu pengetahuan terkait pangan. Namun Louis paster yang memulai Aplikasi teknologi pangan berdasarkan ilmu pengetahuan ketika mencoba untuk mencegah kerusakan akibat mikroba pada fasilitas fermentasi anggur setelah melakukan penelitian terhadap anggur yang terinfeksi. Louis Paster juga menemukan proses yang disebut pasteurisasi, yaitu pemanasan susu dan produk susu untuk membunuh mikroba yang ada didalamnya dengan perubahan sifat sifat dari susu yang minimal.

dari penemuan dan penelitian itu berkembangklah pengolahan makanan yang pengaplikasiannya dengan teknologi sehingga memperkaya cita rasa, nutrisi, keamanan, dan umur simpan suatu produk olahan pangan.

Apa saja yang dipelajari?

Mahasiswa Prodi Teknologi Pangan akan mempelajari berbagai macam hal yang terkait dengan pasca panen mulai dari hasil pertanian, peternakan, perikanan, teknologi pemrosesan hingga pangan layak dan aman untuk dikonsumsi serta mutu nutrisinya tetap terjaga. ilmu yang dipelajari meliputi tentang teknik pengawetan produk pangan, kimia pangan, biokimia pangan dan gizi, rekayasa proses, pengemasan, mikrobiologi pangan, dll.

Karir Teknologi Pangan

lulusan Teknologi Pangan dapat berkarir di bidang Quality Control (QC) atau Quality Assurance (QA), konsultan pangan, lingkup pemerintaha seperti BPOM, LIPI, Perindustrian, UMKM, Research and Development, dan Wirausahawan.

Pengendalian Mutu Produk Pangan

Sarjana Teknologi Pangan yang baru lulus biasanya diterima bekerja di bagian Pengendalian mutu. Tugasnya memastikan proses pengolahan olahan pangan di pabrik berjalan sesuai standar yang telah ditetapkan.

Pengembangan Produk

Bagian yang elit adalah Product Development, pengetahuan yang sangat mempuni dalam bidang teknologi pangan adalah jaminan untuk menjadi seorang pengembang produk makanan di suatu pabrik.

 

Prospek Kewirausahaan 

 

Kewirausahaan dalam bidang  olahan makanan dapat menjadi suatu ide kreatif yang menjanjikan dengan latar belakang wilayah indonesia yang agraris, dengan sentuhan Teknologi, kreatifitasnya sendiri, serta kemauaan dan tekad dalam beriwirausaha, olahan pangan daerah akan menjadi nilai jual yang sangat tinggi dipasaran. Dengan tuntutan zaman dan teknologi maka seorang Sarjana Teknologi Pangan harus selalu kreatif dalam mengolah bahan pangan agar memenuhi permintaan konsumen yang tidak akan pernah merasa puas akan suatu produk.

Kuliah di Teknologi Pangan

Kuliah merupakan suatu proses pembelajaran baik itu dari segi pengetahuan, pengalaman, moral, etika,  dan karakter seseorang untuk sautu tujuan mncetak manusia berintelektual. sebagian orang ada yang asal asal masuk kuliah, dan banyak juga dengan tekad yang kuat.

setiap orang memiliki passion yang berbeda, jika anda memiliki hasrat kuat dibidang makanan, kesehatan, sains, terutama kuliner. Kuliahlah di Program Studi Teknologi Pangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *